Pemanfaatan Internet untuk Mendongkrak Penjualan Properti
Selasa, Januari 12, 2016Ilustrasi (Foto: Indobroker.id) |
Di masa modern seperti sekarang ini, sebagian besar
masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia telah memiliki akses internet yang
dipergunakan untuk melakukan berbagai hal. Para broker dalam dunia properti
hendaknya mampu memanfaatkan hal ini untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan
properti mereka.
Ada banyak hal
yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan ini melalui dunia internet dan
salah satunya adalah dengan melakukan update listing di media online properti
dan juga di akun sosial media. Dalam melakukan update listing itu sendiri, ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga data listing tersebut akan jauh
lebih menarik perhatian para pembaca dan para calon pembeli properti. Hal-hal
yang perlu diperhatikan tersebut mencakup:
·
Update foto listing secara
berkala
Salah satu data yang perlu diupdate
secara berkala adalah foto atau gambar dari properti yang ditawarkan. Foto yang
ditampilkan sebagai foto listing bisa berupa foto properti tampak depan, tampak
samping, bagian dalam properti atau fitur lain dari properti tersebut seperti
kolam renang.
Melakukan update properti seperti ini
akan memberikan tampilan yang segar terhadap properti yang sedang ditawarkan.
Hal ini juga akan memberikan kesan kepada pemiliki properti bahwa sang agen
atau broker yang bertanggung jawab dalam pemasaran properti tersebut merupakan
agen yang aktif, dimana hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan
kredibilitas sang agen itu sendiri.
Selain itu, pembaharuan data berupa
foto akan memberikan kesan yang profesional. Hal ini akan membuat para calon
pembeli properti akan jauh lebih percaya terhadap sang agen.
Khusus untuk para broker yang menawarkan
properti seperti perumahan dimana rumah tersebut belum dibangun dan hanya
tersedia brosurnya saja, maka perlu mempergunakan brosur yang bagus dan menarik
perhatian. Foto atau gambar yang ditampilkan bisa berupa brosur yang telah
discan sebelumnya dan juga menampilkan denah perumahan itu sendiri untuk bisa
memberikan gambaran yang jelas kepada para calon pembeli.
·
Membuat tagline yang unik
dan menarik
Pembuatan tagline yang unik, menarik
dan berbeda dari tagline listing properti yang lain akan menarik perhatian para
calon pembeli, walaupun listing properti tersebut berada di bagian bawah.
·
Membuat deskripsi listing
properti yang jelas dan menarik
Setiap listing properti harus disertai
dengan deskripsi mengenai properti tersebut. Deskripsi ini hendaknya mampu
membuat para calon pembeli mampu membayangkan properti tersebut dengan jelas
walalupun belum pernah melihatnya secara langsung.
Contoh deskripsi listing properti yang
jelas dan menarik adalah “Lokasi rumah yang sangat strategis, bebas dari ancaman
bajir tahunan dan cocok untuk dijadikan kost karena lokasinya yang dekat dengan
3 kampus besar di Jakarta”
·
Pemilihan waktu untuk
broadcast listing
Pemanfaatan sosial media untuk
melakukan broadcast listing properti merupakan sebuah strategi yang tepat untuk
bisa meningkatkan penjualan properti. Namun, perlu diperhatikan waktu broadcast
itu sendiri. Pemilihan waktu broadcast menjadi sangat penting agar para
investor atau calon klien menjadi tertarik untuk melihat properti tersebut.
Tidak disarankan untuk melakukan
broadcast listing di pagi hari, karena kebanyakan orang ingin memulai hari
mereka dengan nyaman tanpa harus dihadapkan dengan penawaran-penawaran seperti
ini. Broadcast bisa dilakukan siang atau sore hari saat kebanyakan orang merasa
santai dan lebih terbuka terhadap penawaran-penawaran yang ada.
Selain itu, hindari untuk melakukan
broadcast secara terus menerus setiap harinya. Hal ini justru akan membuat
calon investor, klien dan pembeli merasa jenuh dan bisa jadi mereka akan
menghapus nama sang agen dari sosial media mereka karena merasa terganggu.
Sumber : Kuliah Online Indobroker (KOI)
0 komentar
Ketentuan Komentar
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.
Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)