Sas Ariyanto, Monalisa dan Wahyudi Sudiyono (Foto : MYD/Indobroker.co.id) |
Salam sukses buat Anda semua
Pada malam ini kita akan share bagaimana listing kita di media online akan banyak respon, follow up dan deal
Pertama : Beriklan di portal properti berbayar
Kenapa?
Portal properti yang berbayar akan memberikan servis yang banyak dari fitur-fiturnya, SDM, juga inovasinya yang akan terus menyesuaikan pasar dan kastamernya. Nah di fitur inilah kadang kita sebagai member tidak memaksimalkan
Contoh :
Foto listing
Kadang banyak yang upload listing hanya satu foto aja di tambah fotonya buram tidak menunjukan lokasi yang jelas, malah kadang ada yang gambar nya aneh-aneh
Contoh :
Nurhadi iklan di Indobroker.id dengan foto hanya 1 saja, tapi Nasokha fotonya banyak dan bagus serta tidak buram lagi. Begitu ada orang sering buka di Indobroker.id kalau cari rumah pasti yang di lihat dulu namanya Nasokha, karena foto banyak dan bagus. Setelah lihat-lihat punya Nasokha tidak ada yang cocok baru akan lihat punya Nurhadi yang fotonya hanya satu. Artinya foto yang banyak di media online sangat pengaruh untuk dilihat dulu, percuma kita iklan di media online tidak memaksimalkan gambar karena iklan online harus syarat dengan gambar. Segera perbanyak foto listing di portal properti!
Kedua : Tagline
Tagline juga sangat penting jika kita beriklan dimedia online, jangan buat tagline yang standar-standar saja. Contoh : BU, Jual cepat itu sudah harus di tinggalkan. Contoh : Buat tagline yang semenarik mungkin. Misal kita di suruh jualan rumah yang bekas buat shoting film. Mengapa tidak kita beri tagline seperti ini "Rumah pernah buat shoting preman pensiun mau?" atau "Rumah dengan cahaya alami di pusat kota Jakarat siap huni" dan lain-lain. Jadi kreasikan untuk buat tagline semenarik mungkin. Jika tagline kita menarik, listing kita tidak berada paling atas pun pasti akan di klik untuk di lihat. Coba kalau kita baca berita di online belum tentu yang paling atas di baca, betul ya! Nah itulah maksud dari tagline yang menarik
Yang Ketiga : Diskripsi
Pasti di portal online ada diskripsi yang harus di isi bukan!
Isilah selengkap mungkin dan detail seperti kita bercerita mengenai sekitar properti tersebut. Jadi secara tidak langsung kita beritahu orang yang lihat listing untuk melihat daerah sekitar listing kita, pasti akan puas dan cepat ambil keputusan untuk telpon agen atau kirim email Anda karena sudah kita gambarkan dengan jelas lingkungan sekitar. Jadi kalau calon buyer nya telpon pasti minta janji untuk survei lokasi. Bukan telpon malah masih tanya-tanya seperti, "itu jalannya lebar tidak? banjir tidak? macet tidak? Kita malah capek neranginnya, eeehh... malah lupa buat janjian untuk survey nya kapan. Yang paling parah kita lupa tanya namanya calon pembeli nya :)
Yang Keempat : Self Branding
Jangan lupa upload foto diri kita yang paling bagus juga. Jangan yang di branding listing kita saja ya, diri kita juga harus di branding juga sebagai agen properti propesional. Foto kita berjas dan berdasi alias "cerdas berisi", nama jelas, foto listing banyak, tagline menarik, diskripsi detail. Jikalau itu semua sudah tertanam di portal properti, maka image kita sebagai broker properti profesional akan bagus buat kita jualan di toko online properti. Jika kita sudah di kenal di toko online properti dengan data yang bagus, pasti akan ada yang langsung menghubungi Anda langsung di toko online properti tersebut. Bagaimana tidak, karena Anda sudah membuat jatuh cinta orang dengan iklan Anda yang detail dan menarik. Nama Anda sudah tertanam di pencari properti, pokoknya kalau aku buka Indobroker.id aku ketik aja nama Nurhadi atau Nasokha kerena komplet baru ke yang lain.
Oleh : Sas Ariyanto
Editor : Waskito Muhsin
Disarikan saat mengisi Kuliah Online Indobroker (KOI)