ilustrasi (Foto: Indobroker) |
Hal-hal
dasar yang perlu dipersiapkan dalam upaya memasarkan listing adalah:
a. Mengenal dan mengetahu secara langsung pemilik
dari properti yang akan dipasarkan tersebut. Sang
owner atau pemilik sah properti memiliki kewenangan penuh mengenai properti
mereka dan para broker perlu mengenal dengan baik owner tersebut untuk lebih
menyakinkan para buyer dan juga agar bisa dibuat PJP atau perjanjian jasa
pemasaran
b. Memastikan legalitas dari properti tersebut
Sebuah properti yang memiliki kemungkinan besar untuk laku
di pasaran adalah properti yang memenuhi semua aspek legalitas seperti
sertifikat dan IMB. Properti yang bermasalah dengan aspek legalitas akan lebih
sulit untuk dipasarkan
c. Properti ditawarkan dengan harga yang jelas,
pasti dan wajar
Para broker perlu melakukan riset mengenai harga yang wajar
untuk sebuah properti berdasarkan berbagai pertimbangan, agar bisa menarik
perhatian para buyer.
d. Listing atau properti tersebut harus mudah
dipromosikan
Listing yang mudah dipromosikan melalui berbagai media baik
cetak, elektronik ataupun internet akan lebih mudah untuk mendapatkan buyer
e. Mempersiapkan data dan informasi lengkap
mengenai properti tersebut
Berbagai data yang berkaitan dengan properti yang akan
dipasarkan seperti informasi mengenai luas, spesifikasi, status kepemilikan,
peruntukan dan berbagai hal lain perlu dipersiapkan sejak awal. Para buyer akan
mempergunakan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan apakah mereka akan
membeli properti tersebut ataukah tidak.
Untuk
listing dengan harga yang tinggi baik ratusan juta atau bahkan yang menyentuh
harga milyaran membutuhkan persiapan tambahan. Buyer yang disasar untuk listing
seperti ini tentunya berbeda dengan listing properti yang biasa. Para broker
perlu menetapkan target buyer untuk listing seperti ini sebelum mereka
mengambil tindakan. Bila target sudah ditetapkan maka hal yang perlu dilakukan
adalah:
a. Mencoba masuk ke dalam lingkungan bisnis dan
lingkungan pergaulan dari para calon buyer yang menjadi target. Hal ini akan membantu broker untuk lebih mengenal siapa
calon target mereka dan bisa melakukan promosi pada saat yang tepat
b. Melakukan kerjasama dengan orang-orang
kepercayaan para target buyer
Tidak ada salahnya menjalin kerjasama dengan orang-orang
kepercayaan para calon buyer. Kerjasama ini akan lebih memudahkan para broker
dalam memasarkan listing mereka kepada calon buyer melalui pihak yang telah
dipercaya oleh sang calon buyer itu sendiri.
c. Menyiapkan dana khusus untuk promosi secara
efektif dan efisien
Untuk memasarkan sebuah listing kepada target buyer
tertentu, para broker harus jeli dalam memilih media promosi yang akan
dipergunakan. Media yang akan dipilih haruslah merupakan media yang banyak
dipergunakan atau dikonsumsi oleh para calon buyer. Untuk hal ini diperlukan
biaya khusus, yang bila dilakukan dengan tepat akan memberikan hasil yang
diharapkan.
Penulis : Nurhadi Soemarto, SE. MM, DM Indobroker Jakarta Timur
Editor : Rahayu Lestariasih
Editor : Rahayu Lestariasih
Sumber : Kuliah Online Indobroker (KOI)