Cara Tepat Mempromosikan Properti
Kamis, Desember 10, 2015Ilustrasi (Foto: Indobroker) |
Dalam
pemasaran properti, promosi menjadi salah satu kunci untuk bisa mendapatkan
buyer yang tepat. Para broker yang hendak memasarkan listing mereka juga perlu
memiliki pengetahuan tentang cara mempromosikan listing yang ada. Prinsipnya
sangatlah sederhana, semakin efektif metode promosi yang dilakukan, maka akan
semakin banyak orang yang mengetahui mengenai keberadaan sebuah properti yang
sedang dipasarkan dan semakin terbuka kemungkinan properti tersebut akan laku.
Cara
mempromosikan listing juga sangat beragam, misalnya saja:
A. Memasang spanduk
Cara mudah memasarkan sebuah listing adalah dengan memasang
spanduk di bagian depan listing tersebut yang menyatakan bahwa properti yang bersangkutan
sedang dijual. Bila area atau lokasi listing tersebut berada di daerah
yang ramai dan banyak dilalui orang, maka informasi penjualan akan lebih cepat
tersebar luas
B. Melakukan Open House
Open house memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk datang
dan melihat langsung properti yang sedang dipasarkan. Pada acara open house
ini, orang-orang yang tertarik akan properti tersebut bisa datang berkunjung
dan melihat isi properti, serta mendengarkan penjelasan dari pemilik ataupun
broker mengenai kondisi properti dan berbagai informasi lain yang berkaitan
dengannya.
Open house juga merupakan kesempatan bagi broker untuk
memberikan kesan terbaik kepada para calon pembeli yang datang. Untuk
memastikan bahwa acara open house berlangsung dengan sukses, maka promos
mengenai pengadaan acara open house ini perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum
hari H.
C. Mengiklankan properti melalui berbagai media
Salah satu cara paling jitu untuk bisa memasarkan sebuah
listing properti adalah dengan mengiklankannya melalui berbagai media. Jenis
media iklan yang dipilih bisa disesuaikan dengan target buyer yang disasar.
Tentu saja hal ini harus mendapat persetujuan dari pemilik properti terlebih
dahulu, mengingat ada beberapa pemilik yang tidak menyetujui metode pengiklanan
tertentu misalnya dengan menggunakan spanduk.
Media yang dipilih untuk mengiklankan properti tersebut
mulai dari surat kabar, majalah, media sosial, ataupun mengiklankannya dalam
marketplace khusus properti di internet. Promosi besar-besaran perlu dilakukan
untuk memperluas daya jangkau iklan tersebut dan hal ini membutuhkan
perencanaan yang matang agar biaya yang dikeluarkan benar-benar efektif dan
efisien.
Untuk lebih mengefektifkan promosi melalui iklan tersebut,
maka media yang dipilih harus disesuaikan dengan target calon buyer. Bila
target calon buyer adalah masyarakat umum, maka media seperti surat kabar,
market place properti di internet ataupun sosial media seperti Facebook bisa
menjadi pilihan. Namun lain halnya bisa target buyer yang disasar jauh lebih
spesifik, misalnya kalangan ekspatriat. Para broker perlu mencari tahu media
seperti apa yang banyak dipergunakan oleh kaum ekspatriat, misalnya jenis
majalah tertentu atau komunitas online dimana para ekspatriat tersebut menjadi
anggotanya. Para broker bisa masuk dan mengiklankan properti yang ada pada
media-media tersebut sehingga bisa lebih tepat sasaran.
Proses
promosi yang tepat merupakan kunci sukses tidaknya pemasaran sebuah listing
properti. Dengan promosi yang efektif, efisien dalam segi biaya dan juga tepat
sasaran, maka para broker bisa mendapatkan hasil yang diharapkan dalam jangka
waktu yang tergolong singkat.
Penulis : Nurhadi Soemarto, SE. MM, DM Indobroker Jakarta Timur
Editor : Rahayu Lestariasih
Editor : Rahayu Lestariasih
Sumber : Kuliah Online Indobroker (KOI)
0 komentar